NEWS

Program 100 Hari Kerja Bupati, Dinsos Kembali Bangun Rutilahu di Cibeber




#INFOCJR – Pemkab Cianjur melalui Dinas Sosial kembali melaksanakan pembangunan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kampung Cijolang Desa Salamnunggal Kecamatan Cibeber, Selasa (15/6/21).

Sebelumnya pembangunan yang dikemas dalam program Manjur Bebenah (Mantuan Dulur Ngawangun Imah Merenah) telah dilaunching di Kampung Jamisata Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Sosial, Amad Mutawali mengatakan, program ini merupakan inovasi gerakan 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, terlebih dalam hal ini pemerintah melibatkan semua elemen masyarakat.

 

“Berdasarkan informasi yang saya terima melalui media sosial, dimana rumah keluarga Bapak Sahroni (70), sudah tidak layak huni. Selang dua hari setelah kita tinjau alhamdulillah hari ini kita lakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah tersebut,” kata Kadinsos Amad Mutawali.

“Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya, apalagi dalam pelaksanaan program Manjur Bebenah ini kita coba menarik simpati, kolaborasi dan partisipasi masyarakat,” sambung dia.

Menurut dia, diperkirakan pembangunan akan selesai dalam waktu dua minggu dan akan segera diresmikan oleh Bupati Cianjur H. Herman Suherman.

“Dalam pembangunan kita tidak ingin gegabah, status tanah pun hasil swadaya masyarakat, dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter, yang terpenting atapnya layak, lantainya layak dan dindingnya layak,” ujarnya.

Amad Mutawali juga menyampaikan, sejauh ini pihaknya ingin mengukur sejauh mana tingkat kesadaran dan kegotongroyongan masyarakat dalam penanganan rumah tidak layak huni.

Program 100 Hari Kerja Bupati, Dinsos Kembali Bangun Rutilahu di Cibeber / @infocianjur

“Kita targetkan pembangunan sebanyak-banyaknya, dari Cibeber kita akan lanjut ke Kecamatan Cugenang, Ciranjang dan Bojongpicung. Semakin banyak yang kita bangun berarti terlihat nilai ukur kegotongroyongan masyarakat semakin tinggi,” ungkapnya.

Adapun untuk program lain, pada bulan Agustus mendatang Dinas Sosial akan kembali launching program pusat layanan sosial dan bengkel kreatif sosial.

“Jadi untuk pusat layanan sosial nanti pelayanannya diarahkan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) semoga semua yang termasuk didalam PPKS seperti pakir miskin bisa kita layani. Sedangkan bengkel kreatif sosial nanti arahnya kepada pelatihan, bagaimana meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang misalnya disabilitas, anak terlantar, lansia terlantar, lansia produktif kita bantu kita arahkan ke pelatihan-pelatihan,” paparnya.

Sementara Kepala Desa Salamnunggal, Endang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur yang telah membantu masyarakatnya dalam pembangunan Rutilahu.

“Sebetulnya ada 37 warga yang terdata rumahnya tidak layak huni di desa kami, tapi alhamdulillah kita secara bergotong royong dan inisiatif telah membangun 2 rumah, ditambah sekarang jadi ada 3 yang sudah dibangun. Saya atas nama pemerintah Desa Salamnunggal sangat berterimakasih kepada Pak Bupati dan Wakil Bupati serta dinas terkait yang telah peduli terhadap warga kami,” pungkasnya. (Riswandi)




Related posts
Berita Covid-19Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Kabupaten Cianjur Kekurangan Stock Vaksin

1 Mins read
#INFOCJR – Pemkab Cianjur hingga saat ini menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pelaksanaan vaksin selanjutnya. Menurut Jubir Satgas…
Berita Covid-19Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

86 KPM di Desa Cikidangbayabang Terima BST 600 Ribu

1 Mins read
#INFOCJR – Bantuan Sosial Tunai (BST) yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat pada tahap 5 dan tahap 6 mulai disalurkan oleh para Kepala…
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Bupati Cianjur: Mewujudkan Visi Misi Perlu Komunikasi dan Kerjasama yang Baik

1 Mins read
#INFOCJR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman menghadiri acara Rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Cianjur tentang penyampaian nota pengantar Bupati Cianjur mengenai…