Berita Covid-19Cianjur ManjurJawa BaratNasionalNEWSSeputar Cianjur

Cek BOR di Cianjur, Ridwan Kamil: Manfaatkan Isolasi di Tingkat Desa




#INFOCJR – Untuk mencegah tingkat keterisian isolasi di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Jawa Barat penuh, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau agar memanfaatkan isolasi di tingkat desa.

Hal ini untuk mencegah keterisian ruang isolasi di Rumah Sakit meningkat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan saat ini ada sekitar 3.000 desa dari total 5.300 desa di Provinsi Jawa Barat yang sudah memiliki tempat isolasi.

 

‚ÄúTadi kita cek kesiapan isolasi tingkat desa di Cianjur. Sudah bagus dan sudah tersedia. Kalau secara keseluruhan, di Jabar yang sudah ada sekitar 3.000 desa, dan diupayakan segera seluruh desa memiliki tempat isolasi mandiri di tingkat desa,” kata Kang Emil saat ditemui di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (22/6/2021).

Ditargetkan tingkat keterisian yang kini sudah diatas 80 persen bisa turun hingga dibawah 60 persen sesuai dengan anjuran dari WHO.

Menurut Kang Emil, pemanfaatan tempat isolasi di tingkat desa dapat mengurangi keterisian isolasi di rumah sakit.

Pasalnya banyak dari pasien yang dirawat seharusnya cukup diisolasi secara mandiri.

“Jadi yang tidak harus dirawat, diisolasi di tempat isolasi desa. Nanti peran dari pemerintah desa dan puskesmas mengarahkan, sehingga yang dirawat di RS itu hanya yang memang harus atau bergejala cukup parah,” ucapnya.

Selain memaksimalkan isolasi di tingkat desa, Rumah Sakit juga diminta menambah ruangan isolasi agar tingkat keterisian tetap rendah.

“Oleh karena itu urutan-urutan sudah saya perintahkan tadi, memastikan seluruh daerah memiliki 30 persen jatah untuk tempat tidur covid dari 100 persen untuk pasien umum. Jika 30 persen sudah penuh tolong dinaikkan ke 40 persen dan kalau 40 persen sudah penuh tolong dinaikkan ke 60 persen. Jika sudah 60 persen dari kuota rumah sakit secara keseluruhan baru dibuat isolasi darurat,” tutur Emil.

 

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan seluruh desa di Cianjur sudah menyiapkan tempat isolasi. Namun beberapa desa menyiapkan isolasi secara bersamaan.

“Beberapa desa digabung, jadi dua desa tempat isolasinya satu tempat. Kalau Sukaresmi, satu kecamatan menyewa tempat khusus dengan ruangan yang cukup banyak untuk menampung yang isolasi mandiri dari setiap desa di kecamatan tersebut,” ujar Herman.***(Ghienz)




Related posts
Berita Covid-19Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Jelang Berakhirnya Penerapan PPKM Level 1-4, Bupati Bersihkan Masjid Agung Cianjur

1 Mins read
#INFOCJR – PPKM Darurat yang diterapkan sejak tanggal 3-20 Juli 2021 dan berganti nama menjadi PPKM Level 1-4 dari tanggal 20-25 Juli…
AdvertorialBisnisGERAI USAHAJawa BaratNasional

Ikuti Challenge Festival bjb #GakPakeRibet #DiRumahAja Berhadiah Total Rp22 Juta

1 Mins read
#INFOCJR – Di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah dibatasi untuk menekan sebaran Covid-19….
Berita Covid-19Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Kabupaten Cianjur Kekurangan Stock Vaksin

1 Mins read
#INFOCJR – Pemkab Cianjur hingga saat ini menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pelaksanaan vaksin selanjutnya. Menurut Jubir Satgas…