Cianjur Bakal Punya Kampung Budaya Pandanwangi



#INFOCJR – Kabupaten Cianjur dikenal sebagai salah satu pemasok cadangan beras nasional, sebab itu tak heran beras Cianjur terkenal kemana-mana hingga ke mancanegara. Salah satu jenis beras endemik Cianjur itu adalah jenis Pandanwangi, nasi dari beras ini terkenal pulen dan harum bak daun pandan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Cianjur, Gagan Rusganda, mengatakan, untuk memuliakan dan memelihara kelestraian padi Pandanwangi Pemkab Cianjur kini tengah membangun sebuah ‘kampung adat’ yang diberi nama Kampung Budaya Pandanwangi di Desa Mekarwangi Kecamatan Warungkondang Cianjur.

“Sebagai bentuk keberpihakan Pemkab Cianjur terhadap pelestraian padi endemik Pandanwangi, insyaallah kita tengah membangun sebuah kampung budaya Pandanwangi di Kecamatan Warungkondang, mudah-mudahan tahun ini rampung pembangunannya,” kata Gagan didampingi Kasi Pengembangan Budaya Pariwisata Kab. Cianjur, H. Dedi Suryadi dan Kasi Kelembagaan Kepariwisataan Kab. Cianjur, Alit Dadang Hilman.

Menurut Gagan, luas lahan areal kampung budaya tersebut sekitar 12 hektar lebih termasuk 1,3 hektar untuk sarana prasarananya. “Beberapa fasilitas yang tengah dibangun meliputi pembangunan Musieum Tani, dimana alat – alat pertanian akan terpajang, khususnya yang berkaitan dengan pengolahan dan pemuliaan padi Pandanwangi,” katanya.

Disamping bangunan Pendopo Mini tempat Sawala atau berkumpul para petani untuk berdiskusi, bangunan atau tempat informasi sekitar Pandanwangi, rumah pegawai, bangunan 7 leuit atau lumbung padi , mesjid dan area parkir.  “Areal itu juga akan dilengkapi sky Walk  yang dikhususkan bagi para pengunjung yang tidak menginjakan kakinya secara langsung di pematang sawah dan gapura,” tuturnya. (Deon) 

Share

dari Cianjur untuk Indonesia